Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) MENYELENGGARAKAN PELATIHAN METODE PENELITIAN

Humas IAIN Parepare--- Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare menyelen...


Humas IAIN Parepare--- Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare menyelenggarakan Pelatihan Metode Penelitian untuk mahasiswa, Kamis, 28 Maret di Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah. Pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan mahasiswa dalam melakukan penelitian.









Ketua Program Studi PIAUD, Sri Mulianah menyampaikan hal tersebut saat mewiliki Dekan Fakultas Tabiyah membawakan sambutan pada acara pembukaan pelatihan tersebut. "Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, penelitian merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh civitas akademika termasuk dosen dan mahasiswa. Khusus untuk mahasiswa ketertarikan mereka untuk meneliti masih tergolong rendah di luar kewajiban mereka menulis skripsi sebagai tugas akhir penyelesaian studi dikarenakan mereka masih belum terlalu menguasai teori-teori penelitian, juga praktiknya hampir nihil." papar Sri Mulianah kepada peserta pelatihan.





Tujuan pelaksanaan kegiatan ini menurut Sri Mulianah adalah membekali pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan suatu penelitian. Pelatihan ini merupakan suplemen dari mata kuliah pengantar metodologi penelitian yang telah dilaksanakan di semester tiga lalu, sebelum memasuki mata kuliah metode penelitian pendidikan yang akan mahasiswa hadapi di semester enam yang akan datang. "Output kegiatan ini adalah mahasiswa mampu melakukan minimal satu penelitian sederhana yang memenuhi kaidah-kaidah penelitian ilmiah. Syukur-syukur hasil penelitian ini bisa dibuat artikel untuk dimuat di jurnal prodi PIAUD yang akan segera dibuat," ujarnya.





Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini semester genap tahun akademik 2018/2019. Para peserta menyambut baik kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Program Studi PIUAD. Dwi Dewantari, salah seorang peserta, yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi PIAUD menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ibu Ketua Prodi karena mengadakan pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa.





"Mahasiswa sangat membutuhkan pelatihan metode penelitian karya tulis ilmiah, utamanya mahasiswa semester enam ke atas karena tengah diperhadapkan dengan penyelesaian tugas akhir dalam bentuk skripsi. Meski pun, terdapat mata kuliah medote penelitian, tetapi rasanya itu masih perlu penguatan melalui pelatihan. Banyak teman-teman yang kebingungan pada saat penyusunan skripsi, bahkan penentuan judul skripsi saja banyak yang kebingungan." ujar Dwi. "Semoga pelatihan memberikan pencerahan kepada kami dalam mendalami masalah penelitian" ungkapnya penuh harap.