Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup, Kesendirian Tidak Selamanya Kesepian

Farwan Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare Berapa lama sudah waktu yang Anda habiskan di rumah? Sekarang sudah memasuki minggu ketujuh, ...

Farwan
Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare


Berapa lama sudah waktu yang Anda habiskan di rumah? Sekarang sudah memasuki minggu ketujuh, semua aktivitas dikerjakan di rumah baik itu beribadah apalagi sudah memasuki bulan suci Ramadhan, kuliah/sekolah, dan bekerja semua dilakukan di rumah. Semua itu karena pandemi covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. Tentunya itu semua membuat kita mengerjakan semua pekerjaan sendiri.

Masih banyak teman-teman yang merasa kesulitan jika mengerjakan sesuatu seorang diri. Tetapi, sebelum adanya pandemi covid-19 ini, pernahkah kalian berpikir untuk menyendiri, meninggal aktivitas sosial yang kalian lakukan selama ini. Menyendiri bukan berarti merasa kesepian, tetapi menyendiri bisa menjadi pilihan seseorang untuk beristirahat sejenak meninggalkan penatnya kehidupan sosial.
Menurut pendapat beberapa orang bahwa menyendiri itu berhubungan dengan perasaan sedih, kesepian, kepribadian introvert, bahkan disebut sebagai anti sosial. Padahal menyendiri memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seperti bisa meningkatkan kreativitas ketika mengerjakan sesuatu sendiri.

Berikut ini manfaat kesendirian:

1. Merasakan Kebebasan

Merasa bebas yaitu saat seseorang bisa terlepas dari penatnya aktivitas sosial dan kebebasan  ini bisa membuat Anda merasa nyaman untuk berekspresi dan melakukan hobi yang Anda sukai.

2. Menyegarkan Pikiran

Terkadang otak Anda dipaksa bekerja terlalu keras setiap harinya dalam melakukan pekerjaan dan aktivitas sosial. Menyendiri dapat melepaskan Anda dari segala beban yang menumpuk sehingga Anda bisa mengistirahatkan otak dan bisa membuat pikiran  lebih segar.
Berpikir lebih mendalam/fokus
Selain menyegarkan pikiran, menyendiri juga bisa membuat Anda lebih fokus terhadap satu hal dan biasanya bisa menimbulkan ide-ide kreatif.

3. Refleksi diri

Menyendiri bisa membuat Anda berpikir tenang dan bisa merefleksikan diri sendiri mengenai kekurangan Anda selama, refleksi diri juga bisa membuat Anda memikirkan rencana dalam kehidupan Anda ke depannya.

4. Mempererat relasi/hubungan

Selain merefleksikan diri sendiri, Anda juga bisa merefleksikan relasi dengan orang lain. Menyendiri dapat membuat Anda memikirkan betapa spesial dan pentingnya relasi terhadap orang lain.

5. Meningkatkan kualitas ibadah

Melihat keadaan sekarang ini Anda hanya bisa beribadah di rumah, tetapi ketika kita bisa lebih menenangkan pikiran, berpikir lebih dalam/fokus, hal itulah yang bisa membuat kualitas ibadah Anda bisa lebih khusyuk.

Jadi, manfaatkan kesendirian Anda selama pandemi covid-19, gunakan waktu sendiri Anda dengan baik dengan melakukan hal-hal yang bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda. Rutinitas Anda selama ini mungkin sudah membelenggu Anda sehingga sangat sulit meninggalkannya. Manfaatkan waktu Anda semaksimal mungkin, kebersamaan dan kesendirian  merupakan siklus hidup yang harus dilewati. Saya akhiri dengan mengutip sebuah kalimat, yaitu “Di dalam kesendirian kamu akan dapatkan apa yang tidak kamu dapatkan di dalam keramaian.”