Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

Konsep Diri Positif Mahasiswa dalam Melaksanakan Perkuliahan Online

Farwan Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare Membahas konsep diri, tentunya sangat menarik, karena konsep diri menjadi bagian yang sangat pen...

Farwan
Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare

Membahas konsep diri, tentunya sangat menarik, karena konsep diri menjadi bagian yang sangat penting ketika berbicara mengenai kepribadian manusia. Ibarat bangunan konsep diri itu seperti fondasi, semakin kokoh fondasinya maka semakin kokoh pula bangunannya. Begitulah konsep diri, semakin baik konsep diri seseorang semakin baik pula perkembangan dan perilakunya di tengah kelompok masyarakat.

Pengertian konsep diri menurut Potter dan Perry dalam jurnal ilmiah kesehatan yang ditulis oleh Wiwiek Natalya, Dewi Riyanti, dan  Hari Pratekto (2013) menyebutkan bahwa konsep diri adalah adalah citra subjektif yang ada di dalam diri yang juga menjadi pencampuran yang kompleks, antara perasaan, sikap, dan persepsi bawah sadar ataupun sadar. Konsep diri akan membantu setiap individu menjadi sebuah kerangka acuan, yang memengaruhi manajemen diri pada setiap situasi dan hubungan seseorang dengan orang lainnya. Jadi, secara sederhana konsep diri merupakan pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri dan memiliki keyakinan positif terhadap dirinya.

Cukup menarik membahas konsep diri dan dikaitkan dengan perkuliahan online mahasiswa sekarang ini, akibat dari wabah virus korona (covid-19). Mahasiswa sekarang banyak mengalami keresahan terkait perkuliahan online yang di lakukan selama satu semester ini. Beberapa mahasiswa banyak yang mengeluh mengenai kuliah online, seperti tugas yg lebih banyak, waktu pengerjaan tugasnya sedikit, kuota internet maupun masalah jaringan. Hal ini banyak membuat mahasiswa menjadi pesimis dengan apa yang akan di dapatkan pada semester ini.

Dalam kaitannya dengan perkuliahan online, konsep diri mahasiswa akan menjadi faktor keberhasilan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan online selama satu semester. Untuk mencapai keberhasilan tersebut mahasiswa harus memiliki konsep diri yang positif. Konsep diri positif membuat pandangan atau penilaian mahasiswa miliki kemampuan dalam menyelesaikan setiap tugas yang dimiliki.

Mahasiswa yang memiliki konsep diri positif adalah mahasiswa yang mudah beradaptasi dengan segala situasi, lebih optimis, percaya diridan selalu berpikir bahwa segala sesuatu dapat diselesaikan. Berikut ciri-ciri mahasiswa yang memiliki konsep diri yang positif, yaitu:

  1. Memiliki keyakinan bahwa ia mampu mengatasi segala masalah. Mahasiswa harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa ia mampu menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh dosen.
  2. Memandang segala hal buruk dengan hikmah dan bukan sebagai akhir dari segalanya. Mahasiswa harus berpikir bahwa dengan perkuliahan online ini ia bisa dengan baik memanfaatkan perkembangan teknologi dan tentunya ini semua akan melatih kita ke depannya melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat.
  3. Peran diri, Mahasiswa memang sebaiknya mengambil peran dalam menghentikan penyebaran Covid-19 dengan memiliki pemikiran bahwa dengan melakukan perkuliahan online dan tetap di rumah bisa memutus rantai penyebaran virus corona (covid-19).
  4. Memiliki kemampuan dan keinginan dalam memperbaiki diri sendiri. Sebagai mahasiswa seharusnya mengedepankan tekad untuk terus belajar agar dapat terus bertumbuh dan berkembang pada kebaikan.

Mahasiswa yang memiliki konsep diri yang positif akan dapat melaksanakan perkuliahan online secara lancar. Mahasiswa dengan konsep diri positif akan bisa melewati pahitnya dalam menunut ilmu.

Saya akhiri dengan mengutip kata-kata Imam Asy-Syafii, yaitu “Barang siapa yang belum merasakan pahitnya menuntut ilmu walau sesaat, ia akan menelan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.”

[]