Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

Tips Agar Tidak Malas Mengerjakan Tugas Kuliah Online Ditengah Pandemi Covid-19

Muthia Rahma Samsul Mahasiswi Prodi BKI IAIN Parepare Ketika pertama kali orang nomor 1 Di Indonesia Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ...

Muthia Rahma Samsul
Mahasiswi Prodi BKI IAIN Parepare

Ketika pertama kali orang nomor 1 Di Indonesia Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang terjangkit virus Covid-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu “social distancing” yang artinya menjaga jarak 1-3 meter dengan orang-orang sekitar.

Social distancing memaksa masyarakat khususnya seluruh aktivitas campus terkhusus IAIN Parepare untuk menghentikan seluruh kegiatan kampus dan menggantikannya dengan perkuliahan online yang dilakukan dirumah untuk membantu mengurangi jumlah korban yang terinfeksi virus yang mematikan ini.

Kuliah online membuat mahasiswa dapat melakukan proses perkuliahan tidur-tiduran atau yang disebut dengan rebahan sambil menatap layar handphone atau laptop sehingga tidak menutup kemungkinan mahasiswa menjadi malas untuk bergerak serta mengerjakan tugas yang telah diberikan dosen-dosen khususnya di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Untuk itu penulis berupaya membuat
"Tips Agar Tidak Malas Mengerjakan Tugas di Masa Pandemi Covid-19"

Berikut adalah tips agar tidak malas mengerjakan tugas ditengah Pandemi Covid-19:

1. Motivasi dirimu.

Bagaimanapun kamu mencoba mengatasi rasa malas yang paling ampuh adalah memberikan motivasi untuk diri sendiri. Motivasi akan membuat semakin bersemangat dalam mengerjakan tugas. Dengan memikirkan hal-hal yang dapat membuat mu bersemangat, contohnya perbanyak membaca, menonton tayangan-tayangan orang-orang sukses satunya yaitu Eyang Habibi yang sudah memiliki banyak pencapaian didalam hidupnya sebelum meninggal dunia.

2. Menjadikan tugas sebagai teman.
Menurut Santrok (2007) salah satu fungsi teman adalah sebagai pendorong (stimulation) dan sebagai dukungan fisik (physical support). Dengan menjadikan tugas sebagai teman akan membuat mu mendapatkan dorongan-dorongan postive sehingga bersemangat mengerjakan tugas. Seperti halnya teman-teman sekitar yang selalu memberikan dukungan agar mampu menghadapi situasi sulit.

3. Usahakan memulai di awal waktu bukan diakhir (deadline).
Alangkah indahnya mengerjakan tugas diawal sehingga membuat kita tidak tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Hal itu dapat menghindari kondisi tertekan ketika menghadap situasi deadline sehingga mendapat waktu luang yang banyak untuk beristirhat dan melakukan hal-hal yang juga bermanfaat.

4. Sadar akan dampak yang ditimbulkan. 
Malas hanya akan membuatmu semakin menunda-nunda waktu, akibatnya ketika melihat teman-teman sudah dipuncak sedangkan kamu baru saja ingin memulainya maka disitulah akan timbul rasa penyesalan.


Baiklah itulah tips singkat yang dapat penulis bagikan semoga bermanfaat untuk kita semua terutama penulis sendiri.

Wassalam... :)