Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

Urgensi Membangun Konsep Diri Positif Dalam Memandang Pandemi Covid-19

Satriani Muis Mahasiswi Prodi BKI IAIN Parepare Urgensi Membangun  Konsep Diri Positif Dalam Memandang Pandemi Covid-19” Memb...

Satriani Muis
Mahasiswi Prodi BKI IAIN Parepare

Urgensi Membangun Konsep Diri Positif Dalam Memandang Pandemi Covid-19”

Membangun Konsep Diri sangat dibutuhkan oleh setiap manusia dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan. Terutama konsep diri yang positif. Jika selama ini kita dapat berpersepsi tentang orang lain maka bukan hal mustahil bagi kita untuk memiliki persepsi atau penilaian terhadap diri kita sendiri. Kita mengenal itu dengan Konsep Diri. Adapun maksud dari konsep diri menurut seorang ahli Rochman Natawijaya (1979) , adalah persepsi individu menurut dirinya sendiri, mengenai kemampuan dan ketidamampuannya dalam banyak hal, sifatnya, harga diri dan hubungannya dengan orang lain.  

Seperti yang terjadi saat ini , Pandemi covid-19. Covid-19 merupakan virus yang pertama kali dijumpai di kota wuhan, China dan sekarang ini telah menyebar ke berbagai negara termasuk indonesia. Dengan cepatnya angka penyebaran Covid-19 tersebut yang terjadi di negara kita membuat pemerintah mengeluarkan maklumat untuk berada di rumah masing-masing. 

Dampak yang dirasakan pun dialami oleh berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan pelajar yang harus merasakan perkuliahan online, masyarakat yang harus menghentikan shalat berjamaah di mesjid, serta ditunda nya acara-acara yang mengumpulkan massa.

Saat ini memang sulit bagi seseorang untuk tetap berfikir positif atas situasi yang terjadi saat ini. Namun dengan meratapinya saja justru akan memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk membangun konsep diri positif dalam diri kita. 

Berikut beberapa tips membangun konsep diri positif terhadap pandemi Covid-19 : 

1. Berdamai dengan keadaan. Mengajarkan kita bahwa sesuatu yang telah terjadi bukanlah untuk diratapi tetapi untuk diatasi.

2. Menghargai pentingnya hidup sehat. Membuat kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dalam keadaan apapun.

3. Menjadikan pribadi yang kuat di saat kondisi sulit. Saat ini banyak yang merasa panik dan was-was akan Covid-19 tersebut namun ketika seseorang tetap tenang dalam menghadapinya, akan menjadikan ia pribadi yang kuat.

4. Menumbuhkan sikap tolong menolong antar bermasyarakat. Di tengah covid-19 saat ini menjadikan kita sesama manusia saling tolong menolong contohnya berbagi-bagi masker dan berdonasi bagi yang kesulitan di tengah covid-19 ini.

Untuk itu membangun Konsep diri positif saat ini sangatlah penting bagi kita semua di tengah pandemi covid-19 agar kita mampu menghadapi segala yang telah terjadi saat ini dengan hati yang ikhlas dan pikiran yang tenang.