Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Search

#RamadhanTiba, Perbanyak Amalan Dibulan Suci Ramadhan

 Malik Fajar Usdar Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Tak genap sat...

 Malik Fajar Usdar
Mahasiswa Prodi BKI IAIN Parepare


Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Tak genap satu pekan semua umat muslim akan menikmati keindahan bulan Ramadhan nnti. Sebagai umat muslim di seluruh dunia tentunya akan menantikan bulan Ramadhan yang begitu banyak kenikmatan-kenikmatan dari Allah SWT.

Generasi milenial sekarang sudah menyambut bulan ramadhan dengan aplikasi tiktok mereka, menyambut dengan lagu “Ramadhan Tiba” dengan antusias kreatifitas milenial masing-masing. Mereka menyambut ramadhan dengan mengajak sahabat, teman kuliah ataupun keluarga dengan aplikasi tiktok #RamadhanTiba. Meskipun Ramadhan kali ini akan terasa berbeda dibandingkan tahun sebelumnnya. Kita tidak leluasa keluar rumah, bukber bareng teman, dianjurkan untuk tidak salat berjamaah dimasjid, tidak i’tikaf di masjid maupun amalan kegiatan Ramadhan lainnya yang melibatkan banyak orang.

Sehingga hal tersebut membuat umat muslim bersedih. Namun selain ibadah-ibadah berjamaah di masjid dan melibatkan banyak orang, masih banyak amalan-amalan yang dapat kita lakukan di rumah untuk mengejar pahala-pahala di bulan Ramadhan nantinya.

Amalan-amalan yang dapat dilakukan di rumah selama bulan Ramadhan, adalah:

1. Membaca Alquran

Membaca Alquran merupakan kewajiban setiap muslim karena di dalam Alquran ada petunjuk menjalani kehidupan dunia sebagai bekal di akhirat kelak. Membaca Alquran sepatutunya dikerjakan setiap hari, setiap waktu termasuk bulan suci Ramadhan.

Membaca Alquran pahalanya begitu besar apalagi dikerjakan pada bulan Ramadhan. Tentu lebih baik lagi dilakukan di bulan Ramadhan karena dibulan ini segala amalan menjadi berkali-kali lipat pahalanya, termasuk membaca Alquran.

Allah SWT melipat gandakan pahala kebaikan yang dilakukan setiap manusia hingga 700 kali lipat. “Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat. Allah Swt, berfirman “Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.” (HR. Muslim).

Alquran adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah Swt melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw di Gua Hira, Mekkah, Arab Saudi. Sehingga sebagai orang muslim yang mencintai Allah dan Rasul-Nya seharusnya kita senantiasa membaca dan mengamalkannya karena Alquran akan mendatangkan syafaat kepada kita pada hari kiamat.

2. Salat Sunnah

Salat sunnah merupakan salat yang apabila dikerjakan maka tidak berdosa dan apabila dikerjakan maka akan dapat pahala. Tentunya banyak salat sunnah yang dapat kita kerjakan di rumah. Dengan dampak dari Virus Corona, kita dianjurkan untuk tetap dirumah, sehingga kita memiliki waktu lebih banyak di rumah dibanding dengan sebelumnya dengan demikian kita lebih leluasa melakukan salat dirumah. Seperti salat Dhuha’, salat Rawatib Qabliyah dan Ba’diyah, salat Tahajud, salat Qilamul Lail, salat Witir dan lail-lain.

3. Dzikir

Dzikir adalah amalan yang paling ringan, dan tentu saja umat muslim seharusnya tetap bisa menjaga amalan ini setiap harinya. Dengan berdzikir kita akan senantiasa mengingat Allah Swt dan tentunya berdzikir mendekatkan kita kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman,
“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al Hasyr: 19).

4. Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah Swt. Bersedekah merupakan salah satu amalan yang mengingatkan kita untuk peduli terhadap sesama dan mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang dermawan. Bersedekah tidak melulu tentang harta, bahkan tersenyum adalah sedekah. Allah Swt berfirman:
“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggatikannya dan Dia lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

5. Kebaikan-kebaikan lainnya

Di bulan Ramadhan kita akan mejadi makhluk Allah yang lebih baik, dibandingkan bulan lainnya. Karena kebaikan yang kita lakukan di bulan Ramdhan akan dilipatgandakan. Begitu banyak kebaikan-kebaikan yang dapat kita lakukan setiap harinya seperti berbakti kepada orang tua, menjaga kebersihan, membantu tetangga yang kesusahan dan kebaikan lainnya yang dapat mendatangkan pahala dari Allah Swt.